RSS

Tarim Kota As-Sidiq

22 Feb

Tarim adalah salah satu kota penting di propinsi Hadhramaut yang berjarak sekitar 357 km dari ibu kota propinsi Hadhramaut,Mukalla dan terletak kurang lebih 500 km dari Ibukota Yaman, Shan’a,luas kota Tarim sekitar 2894 km 2 dan dihuni lebih dari 100 ribu jiwa.

Tarim merupakan kota legendaris yang konon berasal dari nama pendirinya yang berkuasa di Tarim saat itu yaitu Tarim bin Hadhramaut bin Saba’ al-Asghor.Menurut satu pendapat kota ini lahir pada 400 tahun sebelum masehi,dan menjadi ibukota sekaligus jantung peradaban Kerajaan Kindah hingga tahun 10 Hijriah.

Tarim adalah daerah yang dikelilingi bukit-bukit batu tandus dengan padang pasirnya.Walaupun curah hujan di Tarim tergolong rendah,namun persediaan air di daerah ini sangat cukup untuk memenhui kebutuhan warganya.Tarim juga merupakan wilayah domisili bagi keluarga besar Bani Alawi atau yang dikenal dengan Ba’alawi, keturunan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Cahaya Islam datang menerangi Hadhramaut pada tahun sepuluh Hijriyah,yang diawali dengan datangnya utusan dari Hadhramaut pada Rasulullah shalallahu ‘alahi wa sallam.Kemudian pada tahun yang sama Rasulullah shalallahu ‘alahi wa sallam mengutus Ziyad bin Lubaid al-Anshari untuk mengemban tugas da’wah di Hadhramaut.

Di masa khilafah Sayyidina Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu,ketika muncul gerakan murtad dan para pembangkang yang enggan menunaikan zakat, Ziyad bin Lubaid al-Anshari mengajak masyarakat Hadhramaut untuk tetap teguh pada iman dan Islam dan ikut membait Sayyidina Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu, penduduk Tarim yang pertama menerima ajakan tersebut tanpa ada satu pun yang menolaknya.Berita keteguhan masyarakat Tarim sampai pada Sayyidina Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu, kemudian beliau mendoakan tiga keistimewaan untuk kota ini yang sampai detik ini masih dapat dirasakan; pertama, agar kota tersebut tetap ada; kedua, airnya berkah; dan ketiga, kota Tarim dihuni banyak orang-orang saleh,karena do’a inilah kota Tarim juga dikenal dengan ”Madinatussidiq” (Kota As-Sidiq).

Berkat doa Khalifah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam inilah,Tarim sampai sekarang terkenal sebagai pusat perkembangan ilmu di Yaman. Simbol kecemerlangan ini bisa dilihat dari Maktabah al-Ahgaff yang menyimpan lebih dari 5000  manuskrip keagamaan, hukum Islam, astronomi, sejarah, matematika, dan lain-lain yang menjadi rujukan utama para ilmuwan Islam sedunia.

Masjid as-Syeikh Umar al-Mihdhor

Masjid as-Syeikh Umar al-Mihdhor

Wilayah yang memiliki 365 masjid ini,diantaranya masjid Ba’alawi,masjid as-Syaikh Umar al-Mihdhor juga terdapat tiga maqbaroh Auliya’illah yang menjadi tujuan ziarah umat Islam dari seluruh penjuru dunia yaitu maqbarah Zambal,Furaidh dan Akdar,insya Allah pada artikel berikutnya penulis akan mejelaskan seputar  tiga maqbarah ini.

Tarim, kota Seribu Wali, terkenal sebagai pusat ilmu dan penyebaran Islam ke seluruh dunia. Ahli sejarawan mencatat bahwa Islam tersebar dan sampai ke seluruh Asia, mulai dari India, Cina, Filipina, hingga Indonesia, melalui Da’i-da’i yang berhijrah dari Tarim-Hadhramaut. Selain itu, mereka juga berdakwah hingga ke benua Afrika, Amerika, dan Eropa, memperkenalkan Islam dengan cara dan metode yang sangat mulia (bil hikmah wal mau’idhah hasanah), tanpa kekerasan, apalagi terror, sehingga masyarakat setempat merasakan esensi ajaran Islam yang sesungguhnya, dan pada akhirnya Islam dapat diterima oleh semua golongan. Mereka, yang notabene imigran, pandai menyesuaikan diri dengan adat dan budaya setempat. Hingga sekarang, kota Tarim tetap eksis dalam memperkenalkan pemahaman-pemahaman Islam yang damai dan berfaham Ahlissunnah wal Jama’ah, terbukti dengan banyaknya pelajar dan mahasiswa luar negeri, mulai dari Asia -terutama Indonesia-, Afrika, hingga Eropa, yang menimba ilmu di kota keramat ini.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 22, 2012 in Tsaqofah

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: